Senin, April 15, 2024
BerandaUncategorized5 Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Jagung untuk Kesehatan

Kita perlu tahu manfaat buah jagung untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, tentunya tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua.

Bahkan di Indonesia sudah ada yang menjadikan buah jagung ini sebagai makanan pokok sehari- hari, ada pula dijadikan sebagai makanan tambahan.

Tapi terkadang ada sebagian orang yang meremehkan makan buah jagung, bahkan ada pula dipamerkan melalui lagu-lagu.

BACA JUGA  Pelaku Curanmor di Kobar Berhasil Ditangkap, Ternyata Pasutri
Buah Jagung
Jagung Bakar

Seakan-akan makan buah jagung itu bisa merendahkan derajat perekonomian sebagian warga yang dianggap hidupnya kurang beruntung atau kurang mampu, tidak cukup duit untuk beli beras.

Namun rupanya manfaat buah jagung ini luar biasa. Kali ini penulis mencoba merangkum beberapa artikel terkait manfaat buah ini bagi kesehatan kita.

Setidaknya ada 5 manfaat jika buah jagung ini kita makan, yang berhasil penulis sampaikan lewat media ini semoga saja menjadi pengetahuan, disimpulkan sebagai berikut:

BACA JUGA  Ini Jawaban Surya Paloh Tidak Usung Anaknya Jadi Cawapres Pada Pilpres 2024

Buah Jagung

  1. Untuk menurunkan Kolesterol
  2. Untuk mencegah Diabetes
  3. Untuk melancarkan pencernaan
  4. Untuk meningkatkan bakteri dalam usus
  5. Untuk membuat kenyang tahan lebih lama

Secara umum cara mengolah buah jagung menjadi makanan ada yang direbus, dibakar, dijadikan sayur dan ada pula diolah sebagai pengganti beras sebagai makan pokok sehari-hari.

Jenis buah jagung kebanyakan disenangi orang adalah jenis buah jagung manis. Jenis jagung ini paling enak dikonsumsi , karena rasanya manis dan juga mengandung air yang cukup banyak.

BACA JUGA  Beragam Jenis Penyakit Jiwa dan Gejalanya
Buah Jagung
Aneka makanan dari buah jagung

umumnya jagung manis ini ada yang dibakar, direbus dan ada yang dijadikan sayur,  jagung yang masih sangat muda.

Buah Jagung manis ini akan laku saat menghadapi malam tahun baru, karena pada umumnya masyarakat Indonesia hampir diseluruh penjuru tanah air menyiapkan jagung untuk dibakar ramai-ramai dan direbus untuk dinikmati, sambil menanti detik-detik pergantian tahun.

Fenomena semacam ini nampaknya sudah membudaya bagi masyarakat ini baik diperkotaan sampai pelosok desa, rata-rata makan jagung bakar dan lain-lain pada malam menyambut tahun baru.

BACA JUGA  Diisukan Maju Pilgub DKI Jakarta 2024, Kaesang Pangarep Kini Rajin Blusukan

Buah Jagung

Manfaat buah jagung dapat diuraikan berikut ini:

Untuk menurunkan Kolesterol dan mencegah saat sedang mengalami kolesterol tinggi, tubuh dilarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Karena ditakutkan dapat membuat kondisinya semakin parah, seperti meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi itu dapat diatur dengan pola hidup sehat. Seperti rutin berolahraga dan didukung mengkonsumsi makan makanan sehat dan bergizi seimbang. Berupa sayuran dan buah-buahan yang tak mengandung lemak jahat.

BACA JUGA  Tingkatkan Kesiapsiagaan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Buah Jagung juga disebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kita bisa mengonsumsi jagung langsung atau berupa minyak jagung. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian para ahli yang berhasil dikutif tahun 2018 di The Journal of Nutrition.

Kemudian Buah Jagung dapat menurunkan Resiko Diabetes.

Penyakit Diabetes ini menjadi salah satu penyakit yang menyeramkan. Karena, kalau tidak cepat diatasi bisa menyebabkan kematian. Oleh karenanya, penderita diabetes diharuskan menjaga pola makannya.

Penderita diabetes tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan manis yang mengandung banyak gula. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi juga harus dihindari. Banyak penderita diabetes yang beralih mengkonsumsi buah jagung ini.

BACA JUGA  Sampit Pertandingkan 28 Cabang dalam Pekan Olahraga ke-XII

Di Indonesia, para penderita diabetes ini banyak yang mengkonsumsi nasi jagung. Rasanya tak kalah nikmat dan bisa ditambahkan aneka lauk-pauk serta sayuran yang nikmat.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh PLOS One juga ditemukan kalau jagung berwarna ungu bisa mencegah diabetes dan komplikasi terkaitnya.

Disebutkan kalau pigmen antosianin dalam jagung ungu dikaitkan dengan meningkatnya penyerapan glukosn peningkatan sekresi insulin.

Buah Jagung juga bermanfaat untuk Melancarkan Pencernaan.

BACA JUGA  Pamer Kemewahan Akhirnya Kadinkes Lampung Dibidik KPK

Asupan makanan sehat dan bergizi seimbang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan kita. Karena, dengan lancarnya sistem pencernaan maka proses metabolisme tubuh juga berjalan dengan lancar.

Ternyata buah jagung juga  menjadi salah satu makanan yang dapat menyehatkan pencernaan. Pada sebuah penelitian yang dipublikasi The Journal of Nutrition pada tahun 2013 ditemukan bahwa mengkonsumsi jagung dapat memperlancar pencernaan.

Karena di dalam jagung mengandung serat yang tinggi. Jadi cobalah mengkonsumsi jagung saat merasakan sembelit, karena itu akan membantu melancarkan sistem pencernaan kita.

BACA JUGA  Jago Merah Lalap 1 Buah Rumah Warga Kecamatan Selat

Selain itu Buah Jagung bermanfaat untuk Meningkatkan Bakteri dalam Usus.

Bakteri dalam usus sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Tak hanya itu, bakteri dalam usus juga dapat menyehatkan seluruh tubuh. Karena, sekitar 70 persen dari sistem kekebalan tubuh manusia terletak di dalam usus ini.

Tak perlu bingung untuk meningkatkan bakteri dalam usus, karena dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah jagung secara rutin.

Hal ini dijelaskan dalam studi tahun 2016 yang diterbitkan PLOS One yang menemukan bahwa serat jagung memiliki efek prebiotik. Dimana dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria yang bermanfaat dalam saluran pencernaan.

BACA JUGA  Pria Perampas HP Pacar Berhasil Ditangkap Polisi

Kalau sedang berdiet untuk menurunkan berat badan, kita harus rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, buah jagunglah solusinya.

Karena, kandungan serat pada jagung dapat mempercepat pelunturan lemak serta membuat kenyang lebih tahan lama. Sehingga, diwaktu makan selanjutnya kita tak akan banyak mengkonsumsi makanan lain.

Salah satu makanan yang mengandung serat tinggi adalah jagung. Kita bisa mengkonsumsinya dalam bentuk popcorn, jagung rebus, ataupun jagung bakar. Bisa juga kamu jadikan campuran salad yang segar.

BACA JUGA  Sepanjang 2023 Polres Gumas Berhasil Sita Hampir 300 Gram Sabu

Dalam sebuah penelitian dikutif penulis ini disebutkan kalau jagung bisa membuat kenyang lebih tahan lama sebesar 154% dibandingkan roti tawar yang hanya memiliki indeks kenyang 100%.

Popcorn juga baik dijadikan camilan sehat karena rendah lemak dan lebih mengenyangkan daripada keripik kentang, demikian, selamat mencoba, semoga bermanfaat. [Red].

BACA JUGA  Pamer Kemewahan Akhirnya Kadinkes Lampung Dibidik KPK
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Sabu

Miliki Puluhan Gram Sabu Wanita 23 th Ditangkap

Kuala Kapuas - Karena kedapatan membawa dan memiliki puluhan gram kristal bening diduga narkotika jenis sabu, seorang wanita muda berinisial DM (23) ditangkap polisi. DM...

Most Popular