Selasa, Juli 23, 2024
BerandaKALTENGPemerintah Provinsi Kalteng Gelar Rakor Singkronisasi Usulan DAK 2024

Pemerintah Provinsi Kalteng Gelar Rakor Singkronisasi Usulan DAK 2024

Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang   menggelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024.

Di Bidang Irigasi Lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota di Kalteng Pelaksanaan kegiatan Bahalap Hotel jalan.RTA Milono km 1 Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah, Selasa, 9 /7/2024.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalteng H Salahuddin dalam sambutannya yang dibacakan diwakili oleh Plt Sekretaris Dinas PUPR Ir Uria Wulan Sari, M.Si mengatakan melalui rakor ini dapat pemahaman dalam penyusunan usulan DAK bidang irigasi tahun anggaran 2024.

BACA JUGA  DPD Partai Golkar Kalteng Sambut Pendaftaran Diri Edi Pratowo

Sehingga pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang masuk maupun yang belum berkesempatan masuk dalam lokasi prioritas DAK bidang irigasi tahun anggaran 2024 mampu melaksanakan kegiatan DAK dengan baik.

“Dengan rapat ini diharapkan provinsi dan kabupaten/kota dapat mengetahui dan memperoleh gambaran kriteria lokasi prioritas, syarat-syarat, ketentuan pengusulan dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk selalu menjaga output dan outcome dalam pelaksanaan dak bidang irigasi,” kata Uria saat membacakan sambutannya.

Ia menambahkan, Kalteng sebagai penyanggah ibu kota negara, dapat ikut berperan serta dalam pemenuhan kebutuhan terutama pangan bagi ibu kota negara. Untuk itu, secara bersama berkoordinasi dan berdiskusi terkait langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar dalam pelaksanaan DAK bidang irigasi kalimantan Tengah tahun anggaran 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

BACA JUGA  Pembinaan P3A Dinas PUPR Kalteng, Berikan Pelatihan Para Petani Manfaat Air

“Besar harapan, Kalteng baik provinsi maupun kabupaten/kota bisa masuk dalam lokasi prioritas kegiatan DAK bidang irigasi di tahun anggaran selanjutnya, melalui pembangunan maupun perbaikan infrastruktur irigasi dalam meningkatkan kinerja daerah irigasi, sehingga mampu meningkatkan produktivitas tanaman khususnya padi,” ucap.Uria Wulan Sari

Dalam kesempatan tersebut, Ia mengingatkan agar semua peserta rapat lebih memperhatikan prioritas usulan dan selalu menjaga kesesuaian antara output dan outcome dalam pelaksanaan DAK bidang irigasi bagi yang menjadi calon penerima dana DAK dan yang belum berkesempatan.

Selanjutnya Plt sekretaris Dinas PUPR Provinsi Kalteng membuka dengan resmi Rakor Bidang Irigasi 2024 yang d ikuti peseta 14 kabupaten dan kota.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana Rakor bidang irigasi Sigit Purwanto, S T., M.T.mengatakan sebelumnya, Dinas PUPR Provkalteng mengusulkan DAK Bidang Irigasi Lingkup Pemerintah Provinsi Kabupaten dan Kota.

“DAK ini nantinya Pemprov Kaltengl yang akan melaksanakannya, dengan pengerjaan berupa rehab seperti normalisasi saluran, galian dan perbaikan pintu air di kawasan rawa, Ucap nya.

Ia berharap, dengan adanya pengerjaan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk menikmati hasilnya terlebih dibidang pertanian.

“Harapannya dengan adanya DAK ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kaltengl seperti arahan gubernur dalam menyejeterahkan masyarakat,” pungkasnya.

(Marliana/Boy)

BACA JUGA  Data BNNP Kalteng Jadi Pasar Narkoba Jaringan Internasional
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
WAGUB

Wagub Kalteng Resmi Buka Rakerda II DPD Iwapi

Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) II DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi...

Most Popular