Selasa, Juli 23, 2024
BerandaInfo SehatInilah Manfaat Daun Salam dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Daun Salam dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Anda perlu tau manfaat mengkonsumsi Daun Salam bagi Kesehatan tubuh manusia. Inilah segudang manfaat Daun Salam bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya.

Bagi masyarakat Indonesia, Daun Salam bukan lagi menjadi benda aneh dan bahkan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah.

Daun ini umumnya digunakan sebagai penyedap makanan dan penyeimbang rasa. Karena aromanya yang kuat dan wangi membuat beberapa orang selalu menambahkan daun ini ke dalam masakan mereka.

BACA JUGA  Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur Harus Dihindari

Seperti masakan lodeh, guddeg, gulai, dan beberapa masakan khas Jawa lainnya, dikutif dari timesindonesia.co.id dan Alodokter.

Selain digunakan dalam masakan dikethui pula bahwa daun tersebut memiliki beberapa khasiat yang bagus bagi kesehatan manusia.

Namun tak sedikit pula yang tidak tahu mengenai efek sampingnya jika mengkonsumsi sari tumbuhan ini dalam jumlah berlebih.

BACA JUGA  Manfaat Berpelukan Sebelum Bercinta dengan Pasangan

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, Daun Salam memiliki beberapa manfaat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena dalam daun tersebut terdapat berbagai kandungan vitamin dan senyawa yang baik bagi tubuh.

Vitamin dan senyawa tersebut antara lain mengandung vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid. Senyawa dan vitamin-vitamin ini dipercaya mampu mengaktif kandungan antioksidan dalam tubuh.

BACA JUGA  Ada 5 Manfaat Buah Semangka Harus di Konsumsi Ibu Menyusui

Inilah manfaat Daun Salam:

1. Mengurangi Resiko Asam Urat

Kuersetin, miristin, mirisetin yang berperan dalam penurunan asam urat dan Eugenol dan Methyl chavicol, zat penghilang rasa sakit dan pembunuh jamur juga terdapat dalam kandungan sari daun ini.

2. Cemas Berlebih

Zat linalol yang dikandung Daun Salam juga dapat mengurangi rasa cemas dan stres. Asam cafeic juga menjadi senyawa aktif yang terdapat dalam daun tersebut juga membantu menjaga kesehatan jantung kita.

3. Diabetes type 2 dan antioksidan

Belum lagi jika semua senyawa dan vitamin dan antioksidan digabungkan, daun ini dapt meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindarkan kita dari penyakit diabetes tipe 2.

BACA JUGA  Biji Buah Pepaya Mengandung 5 Manfaat

Inilah Efek Samping Mengonsumsi Sari Daun Salam

Dijelaskan Alodokter, mengkonsumsi daun salam juga perlu dihindari bagi beberapa penderita penyakit tertentu. Disarankan pula untuk tidak mengkonsusmi daun salam secara langsung karena bagian pohon berwarna hhijau ini susah untuk dicerna.

1. Diabetes

Bagi penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi obat diabetes dari dokter tidak disarankan meminum sari daun salam. Hal ini ditakutkan karena terjadinya hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah dalam tubuh secara berlebih.

2. Hamil dan menyusui

Bagi para ibu-ibu yang sedang hamil dan atau menyusui juga tidak dinjurkan mengkonsumsi daun salam secara berlebiih. Belum ada penelitian lebih lanjut mengenai efek samping daun salam bagi wanita hamil dan menyususi.

BACA JUGA  7 Manfaat Bawang Putih Tanpa Ada Risiko

Namun disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika diperlukan. Hal ini berguna untuk  menghindari kemungkinan terburuk terjadi.

3. Pasien pra-bedah

Daun ini disinyalir dapat memerlambat kerja sistem saraf dan otak yang akan meruak jalannya obat anestesi. jadi jika anda hendak menjalani pembedahan maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi sari daun ini setidaknya 2 minggu sebelum hari H.

Nah, dari sekian manfaat dan efek samping daun ini tersebut di atas setidaknya kita dapat mengira-ngira seberapa besar kebutuhan tubuh kita terhadap daun ini. Jika diperlukan maka konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi sari duan tersebut.

BACA JUGA  8 Makanan Untuk Orang Sakit Gigi Untuk Diketahui
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
WAGUB

Wagub Kalteng Resmi Buka Rakerda II DPD Iwapi

Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) II DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi...

Most Popular