Selasa, April 16, 2024
BerandaHukumKejari Palangka Musnahkan Barang Bukti Hasil Tindak Pidana

Kejari Palangka Musnahkan Barang Bukti Hasil Tindak Pidana

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Palangka Raya, musnahkan Barang Bukti (Barbuk) dari 80 perkara tindak pidana umum dan narkoba digelar di halaman Kantor Kejari setempat, pada Kamis 27 Juli 2023.

Inforrmasi yaang berhassil diperoleh media ini bahwa Pemusnahan barbuk ini juga menjadi momen bagi Kajari Andi Murji Machfud untuk memberikan pesan penting kepada seluruh masyarakat tentang bahaya narkotika, yang merugikan generasi muda.

Pesan penting ini pula untuk menjadi urgensi kita bersama-sama memberantas peredaran gelap narkoba yang merugikan para generasi muda penerus bangsa.

BACA JUGA  Putusan Hakim PN Sampit Tidak Memberikan Rasa Keadilan, Terdakwa KDRT Lakukan Ini

 

Hal terssebut disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Palangka Raya, Andi Murji Machfud, baru-baru ini keepada awak media

Dia menyampaikan betapa berbahayanya narkotika bagi masyarakat, terutama para generasi muda yang menjadi sasaran utama peredaran gelap tersebut.

Dampaknya dapat akan merusak masa depan generasi penerus bangsa dan merugikan masyarakat secara keseluruhan.

“Mari kita bersama-sama memberantas karena betapa berbahayanya narkotika bagi masyarakat dan betapa menguntungkannya pelaku yang melakukan peredaran gelap tersebut,” ujarnya Kamis 27 Juli 2023.

BACA JUGA  Simpan 9 Paket Sabu Wanita di Mura Berhasil Diamankan Polisi

“Hal ini sangat merugikan masyarakat kita, khususnya para generasi muda yang merupakan aset berharga bangsa,” ungkapnya.

Untuk diketahui bahwa Kejaksaan Negeri Kota Palangka Raya menggelar pemusnahan barang bukti dari 80 perkara tindak pidana umum yang telah berkekuatan hukum tetap (inkrah) periode Januari hingga Juni 2023.

Adapun barbuk yang dimusnahkan tersebut antara lain 240,36 gram sabu dari 51 perkara, 52 butir ekstasi dari 2 perkara, dan 3,221 butir obat-obatan terlarang dari 2 perkara.

Selain itu, terdapat juga 7 senjata tajam dari 7 perkara, 16 botol mercury dari 2 perkara, serta beberapa barang bukti dari perkara lainnya, termasuk puluhan telepon genggam.

Pemusnahan barang bukti dilakukan atas dasar amanat undang-undang. Jaksa sebagai eksekutor bertanggung jawab hingga putusan berkekuatan hukum tetap terkait barang bukti yang telah ditetapkan oleh pengadilan untuk dimusnahkan.

“Tujuan lainnya adalah untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan barang bukti tersebut,” demikian pungkasnya [Red].

BACA JUGA  Penetapan Nomor Urut Calon Kades Bajarau 23 September 2023 Berhasil Dilaksanakan
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Sabu

Miliki Puluhan Gram Sabu Wanita 23 th Ditangkap

Kuala Kapuas - Karena kedapatan membawa dan memiliki puluhan gram kristal bening diduga narkotika jenis sabu, seorang wanita muda berinisial DM (23) ditangkap polisi. DM...

Most Popular