Senin, April 15, 2024
BerandaDaerahBupati Kotim Resmi Lantik Damang Kepala Adat Kecamatan Mentaya Hulu

Bupati Kotim Resmi Lantik Damang Kepala Adat Kecamatan Mentaya Hulu

SAMPIT – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H Halikinnor resmi melantik Damang Kepala Adat Kecamatan Mentaya Hulu, pada Sabtu 13 Mei 2023.

Dalam acara Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Damang Kepala Adat tersebut dilaksanakan di Kecamatan Mentaya Hulu. Turut hadir mendampingi Bupati Kotim Sekretaris Daerah Fajrurrahman, Ketua DPRD Rinie serta Camat Mentaya Hulu Oktav Pahlevi.

Bupati Kotim H Halikinnor dalam sambutannya meminta kepada seluruh Damang yang bertugas di wilayah ini agar dapat selalu berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Desa serta lembaga-lembaga lainnya, sesuai dengan hierarki dari lembaga adat yang ada.

BACA JUGA  300 Dosis Vaksin Covid-19 Diterima Dinas Kesehatan Palangka Raya
Hadiri acara pelantikan Damang Kepala Adat Kecamatan Mentaya Hulu

Menurutnya, Damang harus dapat memberikan pelayanan penyelesaian permasalahan di tengah masyarakat yang berkaitan dengan pelaksanaan hukum adat dan perdamaian adat sesuai dengan hukum adat Dayak yang berlaku.

“Bagi saudara Ajai Binti sebagai Damang Kecamatan yang baru di Kecamatan Mentaya Hulu yang baru dilantik agar menjalankan, mempelajari tugas pokok dan fungsi dari damang kepala adat sehingga tidak salah dalam menjalankan tugasnya,” katanya.

Lanjutnya Damang mempunyai peran strategis sebagai mitra pemerintah, khususnya Kecamatan di wilayah kedamangannya dalam hal menangani permasalahan adat istiadat di Kecamatan.

BACA JUGA  Korupsi Pengadaan Kapal Feri Baru di Kalbar 6 Tersangka Ditetapkan

Damang juga mempunyai peran dalam pembangunan moral di masyarakat yaitu dengan menegakkan budaya dan adat istiadat dalam pembangunan daerah.

“Pelantikan Damang Kepala Adat Kecamatan Mentaya Hulu ini merupakan hasil dari pemilihan Damang yang memiliki cerita yang sangat panjang. Karena sempat adanya gugatan,” jelasnya.

Namun berdasarkan Peraturan daerah Nomor 6 Tahun 2012 tentang kelembagaan adat Dayak di Kabupaten Kotim karena sesuai pasal 24 ayat 2 DAD Kabupaten, setelah meneliti berita acara dan tidak ditemukan hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan yang diatur Perda, maka disampaikan usul pengangkatan berdasarkan hal tersebut.

BACA JUGA  Begal Payudara di Kotim Gentayangan

“Maka pemerintah daerah wajib untuk memproses penetapan melalui surat keputusan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas PMD, Camat Mentaya Hulu, DAD Kabupaten Kotim dan panitia pemilihan Damang Kecamatan Mentaya Hulu.

Dimana semua permasalahan dapat diselesaikan sehingga sampai pada tahapan saat ini yaitu pelantikan dan pengambilan sumpah janji damang kepala adat Kecamatan Mentaya Hulu. “Ini merupakan hasil kerja keras masyarakat sekalian,” pungkasnya. [Red].

BACA JUGA  Terdakwa Kasus Penikaman Mulai Disidangkan
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Sabu

Miliki Puluhan Gram Sabu Wanita 23 th Ditangkap

Kuala Kapuas - Karena kedapatan membawa dan memiliki puluhan gram kristal bening diduga narkotika jenis sabu, seorang wanita muda berinisial DM (23) ditangkap polisi. DM...

Most Popular