Selasa, Juli 23, 2024
BerandaKALTENGRencana Bangun RTH di Lokasi Gedung Koni Terkendala

Rencana Bangun RTH di Lokasi Gedung Koni Terkendala

PALANGKA RAYA – Rencana untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) dilokasi Gedung KONI Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masih terkendala lantaran diwacakan sebagai Cagar Budaya.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah, Shalahuddin kepada media ini usai acara peresmian Gedung Kantor Kejati Kalteng, Kamis, 16 Mei 2024.

Menurutnya, kendala itu muncul tiba-tiba  yang menjadi masalah gedung KONI itu dihancurkan untuk dijadikan sebagai Cagar Budaya. Yang semula untuk dibangun RTH yang terintegrasi dengan Bundaran Besar Kota Palangka Raya yang sudah direncanakan sejak tahun 2021.

BACA JUGA  Tim Penyidik Pidsus Kejati Kalteng Berhasil Geledah 3 Kantor Besar di Jakarta

” Pada tahun 2021 kami telah mengundang para tokoh masyarakat Kalteng untuk duduk bersama sama membahas rencana tersebut, hal itu tidak ada penolakan sama sekali setuju aja,” ujar Shalahuddin, Kamis, 16 Mei 2024.

Lanjutnya, ada peraturan daerah (Perda) Kalteng nomor 2 Tahun 2021 terkait dulunya ada rencana pembangunan menara untuk Bank Kalteng tidak ada ribut dan bermasalah, namun pada saat mau berencana untuk menghancurkan Gedung KONI Kalteng. untuk membangun ruang terbuka hijau ( RTH ) tidak ada cagar budayatiba tiba muncul Gedung KONI sebagai cagar budaya.

” Tiba-tiba muncul surat dari Kemendikbudristek pada Desember 2023 yang menyatakan gedung KONI Kalteng sebagai cagar budaya,” ucap Shalahuddin.

Pemprov Kalteng tidak sebelumnya tidak memberitahu ada surat dari Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) terkait dugaan gedung KONI Kalteng sebagai cagar budaya.

BACA JUGA  DPD AWPI Kalteng Ucapkan Ikrar Dukung BNNP Cegah Peredaran Narkotika

Kemendikbudristek, tidak ada koordinasi dengan pemerintah provinsi sebagai tuan rumah sekaligus pemilik aset milik Pemprov gedung KONI Kalteng tersebut.

Dinas PUPR Kalteng sudah memberikan penjelasan kepada Kemendikbudristek terkait rencana ruang terbuka hijau (RTH) di atas lahan dan gedung KONI Kalteng itu.

“Kami juga menanyakan apa kriteria gedung KONI Kalteng sebagai cagar budaya, ya sampai saat ini belum ada penjelasan tepat bahkan tak bisa menjawab pertanyaan kami dari Kemendikbudristek,” tutupnya.

Publikasi. : Marliana

BACA JUGA  Gubernur Kalteng Ucapkan Terima Kasih UCI MTB 2024 Sukses
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
WAGUB

Wagub Kalteng Resmi Buka Rakerda II DPD Iwapi

Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) II DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi...

Most Popular