Selasa, April 16, 2024
BerandaPERISTIWAKapolri Mutasikan Kapolda Kalteng dan Kapolres Seruyan

Kapolri Mutasikan Kapolda Kalteng dan Kapolres Seruyan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah perwira tinggi Polri, termasuk Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Nanang Avianto dan Kapolres Seruyan AKBP Ampi Mesias Von Bulow.

Mutasi tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2360/X/KEP./2023 tertanggal 14 Oktober 2023 yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto di mutasi menjadi Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) digantikan oleh Irjen Pol Djoko Poerwanto.

Sedangkan Kapolres Seruyan AKBP Ampi Mesias Von Bulow dimutasi ke Pamen Korlantas Polri digantikan oleh AKBP Prio Purwanto.

BACA JUGA  Pilpres 2024 Diprediksi Dua Putaran, Ini Pemenangnya

Kapolda Kalteng Irjen Nanang Avianto di mutasi menjadi Kapolda Kaltim

Profil Irjen Pol Djoko Poerwanto;

Sebelum menjabat Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto adalah seorang perwira tinggi (pati) Polri yang menjabat sebagai Kapolda NTB.

Inspektur Jenderal Polisi atau Irjen Pol Djoko Poerwanto adalah seorang perwira tinggi (pati) di dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Di Polri, Irjen Djoko diamanahkan untuk mengemban jabatan sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tengara Barat (NTB).

BACA JUGA  Luar Biasa Perwira Tinggi Polri Coreng Institusi dengan Surat Keterangan Palsu
Kapolda Kalteng yang baru Irjen Pol.Drs Djoko-Poerwanto menggantikan Irjen Nanang Avianto

Jenderal bintang dua ini sudah menduduki posisi sebagai Kapolda NTB sejak Desember 2021.

Adapun Irjen Pol Djoko Poerwanto sebelumnya mengemban jabatan sebagai Dirtipidkor Bareskrim Polri.

Irjen Pol Djoko Poerwanto lahir di Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), pada tanggal 7 November 1967.

BACA JUGA  Wah! Nyaris Tewas Pengedara Motor di Kobar Tertimpa Kabel Listrik
Kapolres Seruyan AKBP Ampi Mesias Von Bulow yang di Mutasi Pamen Korlantas Polri

Ia adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989. Nama lengkapnya adalah Irjen Pol. Drs. Djoko Poerwanto. Karier Irjen Djoko sudah malang melintang di dalam kepolisian di tanah air.

Berbagai jabatan strategis di Korps Bhayangkara sudah pernah diembannya. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Kabag Reserse Umum Polda Jambi, Wakapolres Kerinci, Kabag Ops Poltabes Jambi, Kasubbag Seleksi Ditpers Polda Jambi, dan Kanit I Reserse Umum Polda Jambi.

Selain itu, jenderal asal Pekalongan ini juga sempat menduduki posisi sebagai Kasat II Tipidkor Polda Jambi, Kabag Analis Ditnarkoba Polda Jambi, Kasubdit III Tipidkor Polda Jawa Tengah.

BACA JUGA  Tim Penyidik Pidsus Kejati Kalteng Berhasil Geledah 3 Kantor Besar di Jakarta

Tak sampai di situ, Djoko juga pernah bertugas sebagai Pamen Bareskrim Polri (Penugasan di KPK), Kabagops Dittipidkor Bareskrim Polri (2012), dan Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri (2013).

Karier Djoko makin cemerlang setelah ia didapuk sebagai Wadirtipidkor Bareskrim Polri pada tahun 2018. Pada tahun 2019, ia diangkat menjadi Dirtipidkor Bareskrim Polri.

Setelah itu, Irjen Djoko Poerwanto dipercaya untuk menduduki posisi sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat pada Desember 2021.

Kemudian AKBP Prio Purwanto, S.I.K., sebagai Kapolres Seruyan yang baru menggantikan Seruyan AKBP Ampi Mesias Von Bulow, S.I.K. M.H., sebelumnya ia menjabat sebagai Kasibbidwabprof Bidpropam Polda Kalimantan Tengah.

BACA JUGA  Terdakwa Pencabulan Anak di Lamandau Divonis 2 Tahun Setengah dan Denda Rp1 M

Dengan dimutasinya Kapolda Kalteng dan Kapolres Seruyan dari bumi Kalimantan Tengah ini mendapat tanggapan dari berbagai kalangan, ada yang mengatakan dampak dari tragedi berdarah yang menewaskan satu orang warga Desa Bangkal, 7 Oktober 2023 lalu.

Ada juga yang mengatakan dampak dari hujatan dan kutukan dari berbagai pihak yang geram dengan tindakan polisi dengan sengaja menembak warga dengan peluru tajam hingga tewas saat menuntut haknya di perusahaan HMBP1, di Kabupaten Seruyan.

Kemudian ada pula yang mengatakan berdasarkan tuntutan dari aksi beberapa para pendemo untuk mencopot jabatan Kapolda Kalteng dan jabatan Kapolres Seruyan, karena keduanya dituding bertanggung jawab atas tragedi tewasnya warga tersebut.

Namun menurut  Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo, Mutasi jabatan ini adalah proses alamiah dalam organisasi, dalam rangka meningkatkan kinerja, promosi dalam sistem pembinaan karier, tour of duty and area, dan dalam rangka mempersiapkan pengamanan pemilu secara awal, demikian (Red).

BACA JUGA  Penjual Wanita Pemuas Nafsu Sidangnya Ditunda
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Sabu

Miliki Puluhan Gram Sabu Wanita 23 th Ditangkap

Kuala Kapuas - Karena kedapatan membawa dan memiliki puluhan gram kristal bening diduga narkotika jenis sabu, seorang wanita muda berinisial DM (23) ditangkap polisi. DM...

Most Popular