Senin, April 15, 2024
BerandaInfo SehatLidah Buaya Bisa Redakan Eksim Ini Ulasannya

Lidah Buaya Bisa Redakan Eksim Ini Ulasannya

Lidah buaya sudah dikenal sejak lama sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan, khususnya pada kulit. Salah satu manfaat ltumbuhan ini yang cukup populer adalah membantu meredakan eksim.

Eksim merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal, merah, tebal, pecah-pecah, dan bersisik.

Kondisi ini umum dialami oleh anak-anak, tetapi juga bisa terjadi pada segala usia. Anak yang memiliki eksim juga biasanya akan membawa kondisi ini hingga dewasa.

BACA JUGA  Inilah Bahaya Tato Bagi Kulit dan Tubuh

Selain dapat mengganggu penampilanmu, eksim yang tidak diobati juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti infeksi kulit, kontak dermatitis, dan gatal kronis.
Gatal yang disebabkan alergi juga bisa sangat mengganggu, bahkan sampai menyebabkan gangguan tidur. Nah, salah satu pengobatan alami untuk meredakan gejala eksim adalah dengan mengoleskan lidah buaya.

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang secara spesifik membahas manfaat tumbuhan ini untuk gatal dan alergi. Namun, bahan ini diketahui mengandung berbagai zat yang dapat bertindak sebagai antiradang, antibakteri, dan antijamur.

BACA JUGA  3 Manfaat Biji Buah Durian Untuk Kesehatan

Pada dasarnya, eksim adalah peradangan yang menyebabkan kulit menjadi rusak dan iritasi. Oleh karena itu, sifat antiradang dari tumbuhan ini dapat digunakan untuk menenangkan kulit penderita eksim yang sedang kambuh.

Selain itu, kulit gatal yang cenderung kering dan pecah-pecah juga akan lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur. Gel tumbuhan ini dapat mencegah infeksi tersebut dan dapat mempercepat kesembuhan kulit yang rusak.

Tips Mengaplikasikan Lidah Buaya untuk Meredakan Eksim

Cara menggunakan tumbuhan ini untuk alergi tidak sulit, kok. Sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu area kulit menggunakan air dan sabun khusus alergi. Setelah dikeringkan, oleskan lidah buaya pada kulit secara merata. Diamkan hingga lidah buaya meresap ke kulit sebelum kamu berpakaian.

BACA JUGA  Ada 5 Manfaat Buah Semangka Harus di Konsumsi Ibu Menyusui

Kamu bisa mengoleskan lidah buaya 2 kali sehari atau lebih, terutama jika gatal yang kamu alami terasa nyeri. Gel lidah buaya akan membantu meredakan gejala tersebut.

Untuk mendapatkan gel tumbuhan ini, kamu bisa membelah daun tumbuhan ini dan mengambil gelnya secara langsung. Agar lebih praktis, kamu juga bisa membeli produk gel lidah buaya yang dijual dipasaran. Pilihlah produk dengan konsentrasi gel lidah buaya yang tinggi, serta tidak mengandung alkohol dan pewangi.

Pada sebagian orang, ltumbuhan ini dapat menimbulkan rasa panas dan gatal yang ringan. Gel tumbuhan ini pun mungkin untuk memicu alergi. Jadi, sebelum memanfaatkannya, oleskan lidah buaya pada sebagian kecil permukaan kulitmu, lalu amati selama beberapa menit.

BACA JUGA  Cara Basmi Jerawat dengan Pasta Gigi Ini Hasilnya

Jika muncul gejala alergi, seperti gatal atau merah-merah, sebaiknya jangan oleskan tumbuhan ini pada kulitmu. Namun, bila tidak muncul reaksi apa pun, kamu bisa langsung mengoleskannya pada kulit yang mengalami eksim.

Segera hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter jika bahan ini menyebabkan reaksi infeksi, seperti kulit kemerahan, bernanah, nyeri, atau panas saat disentuh. Selain itu, konsultasikan juga sebelum memanfaatkan tumbuhan ini untuk eksim pada bayi dan anak-anak, demikian.

BACA JUGA  Manfaat Berpelukan Sebelum Bercinta dengan Pasangan
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Sabu

Miliki Puluhan Gram Sabu Wanita 23 th Ditangkap

Kuala Kapuas - Karena kedapatan membawa dan memiliki puluhan gram kristal bening diduga narkotika jenis sabu, seorang wanita muda berinisial DM (23) ditangkap polisi. DM...

Most Popular