Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDaerahTRC-BPBD Palangka Raya Tebang dan Pangkas Pohon Rawan Tumbang

TRC-BPBD Palangka Raya Tebang dan Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Palangka Raya – Tim Reaksi Cepat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC-BPBD) Kota Palangka Raya, melakukan pemotongan dan pemangkasan pohon yang rawan tumbang di kota setempat.

Sebagaiman yang disampaiakn Emi Abriyani, Kepala BPBD Kota Palangka Raya kepada media bahwa  pemotongan dan pemangkasan pohon yang rawan tumbang tersebut berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja, Mesliani Tara dan masyarakat.

Menurut Emi Abriyani, berdasarkan laporan tersebut, tim langsung meluncur menuju lokasi, berikut melakukan upaya pemangkasan tiga buah pohon rawan tumbang di kantor dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya.

BACA JUGA  Bersama Instansi Terkait Pemko Palangka Raya Antisipasi Ancaman Karhutla

 

“Berdasarkan hasil laporan di lapangan ketiga pohon ini menjulang tinggi, karena pondasi pohon masih kokoh, tim pun mengambil tindakan hanya pemangkasan saja,” katanya, Minggu, 30 April 2023.

Dia melanjutkan, tiga buah pohon yang dilakukan pemangkasan yakni satu pohon mangga, satu pohon belimbing dan satu pohon bintaro. Proses penebangan menggunakan enam buah mesin chainsaw, sehingga proses pengerjaan berlangsung cepat.

“Alhamdulillah semua tim kembali ke pos TRC dalam keadaan baik dan sehat, apabila ada pohon rawan tumbang masyarakat bisa langsung mengirim pesan ke Facebook atau Instagram BPBD,” terangnya.

BACA JUGA  Kepala Biro Republiknews Kalteng Sambut Baik Kedatangan Kapolres Kotim

Yang sebelumnya TRC-BPBD juga melakukan penenebangan atau pemotongan pohon atas laporan masyarakat di Jalan Kinibalu, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya.

“Berdasarkan laporan di lapangan, pohon Angsana ini cukup besar dan pohon tua yang sudah mulai miring, maka dari itu TRC-BPBD yang awalnya ingin memangkas, jadi memotong pohon tersebut,” katanya.

Pohon tersebut tepat berada di depan GPdl Jemaat Bukit Hindu, yang berbatasan sebelah kanan dengan masjid Darul Qudsi, dan sebelah kiri berbatasan dengan Puskesmas Bukit Hindu.

BACA JUGA  BPMP Kalteng Berikan Penghargaan kepada Bupati Lamandau

Melihat kondisi lapangan, sangat dekat dengan fasilitas kesehatan dan fasilitas ibadah, tim pun secara hati-hati memotong pohon tersebut, agar tidak tumbang ke arah fasilitas-fasilitas tersebut.

“Alhamdulillah dengan menggunakan empat buah mesin chainsaw, TRC BPBD berhasil melakukan pemotongan pohon dengan baik, hati-hati dan juga aman tentunya,” demikian pungkasnya.

BACA JUGA  Rumah Terdampak Longsor di Bantaran Sungai Kahayan Ada 23 Buah
RELATED ARTICLES

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
WAGUB

Wagub Kalteng Resmi Buka Rakerda II DPD Iwapi

Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) II DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi...

Most Popular