Senin, April 15, 2024
BerandaDaerahSekda: Pemungutan PBB-P2 di Seruyan Harus Maksimal

Sekda: Pemungutan PBB-P2 di Seruyan Harus Maksimal

Kuala Pembuang – Pemungutan PBB-P2 (Pajak Bumi Bangunan dan Pedesaan Perkotaan), penghasilan di Kabupaten Seruyan harus dimaksimalkan.

Guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) agar dapat mendongkrak pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan kepada seluruh jajaran dan instansi terkait untuk meningkatkan penghasilan pemungutan PBB-P2 di wilayah setempat.

BACA JUGA  293.661 Jiwa Penduduk Palangka Raya Terdaftar Program JKN

Sebagaimana yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Djainuddin Noor, baru-baru ini.

”Kita minta untuk pendapatan PBB-P2 harus ditingkatkan, semua harus bekerja sama agar ini bisa berjalan dengan baik dan maksimal,” tegasnya Jumat 12 Mei 2023.

Lanjutnya, Pemungutan PBB-P2 di Seruyan, selama ini belum maksimal dilakukan oleh petugas lapangan, padahal masyarakat selaku objek pajak sendiri sudah siap dilakukan pemungutan.

BACA JUGA  300 Dosis Vaksin Covid-19 Diterima Dinas Kesehatan Palangka Raya

“Petugas pemungutan harus terus lebih aktif serta lebih semangat, mengingat pemerintah daerah telah memberikan fasilitas berupa kendaraan operasional untuk petugas pemungutan pajak,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam rangka meningkatkan pendapatan sektor perpajakan ini telah diterapkan pemberian penghargaan atau reward bagi petugas yang berhasil melebihi target dan teguran/sanksi atau punishment bagi yang tidak tercapai.

“Yang berhasil akan mendapatkan penghargaan dan yang tidak berhasil akan dapat teguran, hal ini dilakukan agar dapat memicu semangat para petugas sehingga dapat meningkatkan pendapatan,” pungkasnya.

BACA JUGA  Kemampuan Masyarakat Bertahan Terhadap Bencana Ini Kata Wali Kota

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Seruyan juga menambahkan, pihaknya telah menerapkan sanksi teknis, sehingga petugas lapangan harus benar-benar melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam program penguatan pajak.

Oleh karena itu, pihaknya akan memperkuat daftar validasi kecamatan yang wilayahnya belum tervalidasi cek pajak. Sehingga dengan begitu dapat memudahkan petugas dalam melakukan pemungutan terhadap pajak tersebut.

“Kita pun berharap pendapatan dari sector pajak ini dapat ditingkatkan kedepan, sehingga dengan begitu dapat menigkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Seruyan, dengan begitu juga dapat mendongkrak pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini,” tukasnya. [Red].

BACA JUGA  Seruyan Kembali Raih Opini WTP ke-4 Tahun Anggaran 2022
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Sabu

Miliki Puluhan Gram Sabu Wanita 23 th Ditangkap

Kuala Kapuas - Karena kedapatan membawa dan memiliki puluhan gram kristal bening diduga narkotika jenis sabu, seorang wanita muda berinisial DM (23) ditangkap polisi. DM...

Most Popular