Selasa, Juli 23, 2024
BerandaKALTENGDisdik Ikut Serta Meriahkan Festival Budaya Isen Mulang

Disdik Ikut Serta Meriahkan Festival Budaya Isen Mulang

Palangka Raya – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ikut memeriahkan pagelaran Karnaval Budaya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, bertempat di kawasan Bundaran Besar, Palangka Raya, Minggu (19/5/2024).

Dalam sambutannya, Gubernur Sugianto Sabran menyebutkan bahwa Karnaval Budaya ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng sekaligus sebagai upaya promosi seni budaya dan pariwisata nasional.

BACA JUGA  Disbun Kalteng Raih Juara Terbaik-1 Kalteng Expo 2024

Acara ini mendukung Program “Wonderful Indonesia” dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta telah dimasukkan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) serta Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Ia berharap dengan evaluasi yang rutin, acara ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak yang lebih besar setiap tahunnya.

“Saya berharap event tahunan FBIM ini bisa terus ditingkatkan dan juga dapat dievaluasi setiap tahunnya, sehingga kebudayaan Kalteng akan menjadi kekuatan industri kreatif yang menunjang perekonomian nasional, khususnya Kalimantan Tengah,” kata Gubernur Sugianto Sabran.

Sementara itu, Plt Kadisdik Muhammad Reza Prabowo di sela kegiatan mengatakan bahwa Disdik Kalteng ikut serta dalam memeriahkan festival FBIM dengan mobil hias berupa Huma Betang.

BACA JUGA  DPD Partai Golkar Sumbang Sembako, Ini Kata Abdul Razak

“Huma Betang melambangkan filsafat bahwa setiap anak dalam menempuh pendidikan memiliki kesempatan yang sama dan mampu saling berkolaborasi dalam perbedaan dan kemampuan yang dimilikinya, sebagai bentuk menjunjung tinggi persatuan dalam perbedaan (unity in diversity),” ujarnya.

Reza juga menambahkan, para penari dalam Huma Betang menjadi simbol keceriaan dan kebahagiaan anak-anak selama menempuh pendidikan. Burung Tingang melambangkan bahwa pelajar merupakan lambang kebanggaan.

“Disdik Kalteng memiliki misi menciptakan pendidikan berkualitas, terakses, dan merata serta meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas atau mutu, dan relevansi, kesetaraan, serta kepastian memperoleh layanan pendidikan. Kami berkomitmen mewujudkan visi misi Gubernur Kalimantan Tengah Bapak H. Sugianto Sabran menuju Kalimantan Tengah yang Makin BERKAH melalui jalur pendidikan,” pungkasnya.

( Marliana)

BACA JUGA  Tim Penyidik Pidsus Kejati Kalteng Berhasil Geledah 3 Kantor Besar di Jakarta
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
WAGUB

Wagub Kalteng Resmi Buka Rakerda II DPD Iwapi

Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) II DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi...

Most Popular