Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDaerahPemko Palangka Raya Sidak Harga Sidak Harga

Pemko Palangka Raya Sidak Harga Sidak Harga

Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah baru-baru ini telah melakukan Sidak Harga Gas Elpiji 3 kg, Kamis (27/4/2023).

Inspeksi mendadak (sidak) harga gas Elpiji 3 kg ini dilakukan Pemko melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya. Yang melibatkan Satpol PP Kota Palangka Raya, Kelurahan Menteng, dan pihak Pertamina.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Riza mengatakan dari temuannya bersama Tim Gabungan terdapat harga tabung gas elpiji 3 kg dengan harga yang bervariasi hal tersebut disebabkan terjadinya rantai pemasaran.

“Dari hasil penulusuran kami, harga tabung gas elpiji 3 kg cukup bervariasi pada beberapa warung dan kios pengecer mulai dari Rp30 ribu, Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per tabung. Hal ini dikarenakan gas elpiji yang dijual pengecer tidak langsung didapat dari pangkalan melainkan dari pengecer lainnya,” ucap Samsul.

Sebelumnya Pemko Palangka Raya telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji 3 kg di pangkalan untuk wilayah Kota Palangka Raya sebesar Rp22 ribu dan khusus wilayah Kecamatan Rakumpit sebesar Rp24 ribu.

Pangkalan menjual tetap dengan harga sesuai HET namun di tingkat pengecer banyak yang menjual dengan harga bervariasi.

Dikatakan Samsul, dari kegiatan sidak ini didapat beberapa permasalahan di lapangan. Untuk itu akan dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan instansi terkait untuk mengatasi harga gas elpiji 3 kg di tingkat pengecer jangan sampai di luar kewajaran.

“Bagi pengecer yang menjual gas elpiji 3 kg di luar kewajaran akan diberikan pembinaan, sedangkan apabila terdapat pangkalan yang menjual melebihi harga HET maka akan dilakukan tindakan berdasarkan surat edaran Walikota Palangka Raya seperti pencabutan ijin usahanya,” pungkas Samsul Rizal. [Red]

Sumber: (MC Kota Palangka Raya/Usep/ndk)

BACA JUGA  Pemkab Kotim Gelar Bimtek Perizinan Berusaha Berbasis Resiko
RELATED ARTICLES

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
WAGUB

Wagub Kalteng Resmi Buka Rakerda II DPD Iwapi

Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) II DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi...

Most Popular